Home / Tutorial / Pengetahuan tentang efek yang diperlukan

Pengetahuan tentang efek yang diperlukan

Ilustrasi
Ilustrasi broker

Berikut ini adalah beberapa istilah pengetahuan tentang efek yang diperlukan:

Warrant

Merupakan efek yang diterbitkan emiten yang memberi hak kepada pemegangnya untuk memesan saham perusahaan yang bersangkutan pada harga tertentu yang berjangka lebih dari 6 bulan.

Stock dividen

Diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham apabila emiten yang bersangkutan enggan membagikan dividen tunai. Biasanya pemberian dividen saham ini bertujuan menahan laba sehingga menambah kemampuan perseroan dalam meningkatkan kinerja sehingga laba pada akhirnya bertumbuh.

Bonus stock 

Diberikan kepada pemegang saham karena perseroan memperoleh agio namun saham bonus dan dividen tunai sering juga diberikan bersamaan oleh emiten.

Stock split

Atau disebut juga pemecahan nominal saham, dilakukan karena nilai saham dianggap sudah terlalu tinggi sehingga tidak menarik lagi untuk diperdagangkan. Artinya pemecahan nominal saham diharapkan mampu meningkatkan likuiditas perdagangan di lantai bursa.

Option

Merupakan suatu kontrak antara dua pihak mengenai harga saham tertentu dalam periode tertentu. Option terdiri dari Call option atau mempunyai hak untuk membeli saham tertentu pada harga tertentu di masa yang akan datang. Harga saham diperkirakan akan mengalami kenaikan pada masa tertentu sehingga dapat membeli pada harga yang murah. Sedangkan put option merupakan hak untuk menjual saham tertentu pada harga tertentu pula di masa datang dengan perkiraan harga saham akan menurun sehingga dapat menjual pada harga yang lebih tinggi.

About knomeed

Check Also

Strategi Order Transaksi: Membaca Arah Pasar

Membaca trend perubahan harga saham bukan masalah mudah.  Dibutuhkan kejelian dan kecermatan tinggi dan kemampuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *