Home / Topik / Inspirasi Bisnis / Nyaris Tanpa Modal, ini 5 Ide Bisnis di Saat Ekonomi Lesu

Nyaris Tanpa Modal, ini 5 Ide Bisnis di Saat Ekonomi Lesu

Kita hidup di zaman simulakra” (J. Baudrillard), sebuah dunia yang wujud dalam bentuk simulasi di atas simulasi. potongan demi potongan,  copies of copies of copies. Seperti televisi, film dan internet menggambarkan realitas yang tergantikan oleh gambaran ‘hyper-realitas’ (J. Baudrillard). Tak benar-benar nyata, hanya simulakra. Internet mewujud lebih dari sekedar medium dunia yang serba terhubung, menciptakan jejaring dunia metafisik. Dunia di mana kita menjalani hidup.

Di era internet peluang terbuka lebar. Kelesuan ekonomi yang sedang berlangsung bukan berarti apa-apa bagi yang paham membacanya. Dengan sedikit kreatifitas, ketekunan dan kemauan keras, internet jadi senjata ampuh untuk mendatangkan pundi-pundi.

So, ini beberapa ide bisnis yang bisa menghasilkan cuan dari internet:

Online Shop

Rasa-rasanya online Shop ini sekarang lagi jadi primadona bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain marketnya yang berlimpah, secara user internet di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Kamu bisa memanfaatkan ‘bonus demografi’ itu dengan produktif. Daripada jadi pembeli, mendingan kamu coba buka toko online.

Banyak sekali yang bisa kamu jual. Idenya bisa diambil dari produk apa yang sedang in. Mulai dari Busana muslim,  Pakaian anak, cemilan, atau aneka barang lainnya. Untuk barang dagangan, kamu bisa ambil di toko, produsen di sekitar kamu. Apalagi kalau bisa produksi sendiri, sudah pasti dong marginnya lebih menjanjikan. Tentu saja kamu harus mengeluarkan modal di awal.

Tapi kalau modal belum memadai, kamu bisa jadi reseller atau dropshipper seperti yang bakal kita bahas di bawah ini.

Modal Nol? Jadilah Dropshipers…

Industri e-commerce yang sedang booming di Indonesia turut memancing para pelaku usaha tradisional untuk membuka lapak online.  Online shop menjadi peluang baru untuk melebarkan pasar menjual produk. Tapi, bagaimana dengan yang tidak punya produk? tidak ada modal, apakah bisa ikut menikmati ledakan ini?

Nah, Dropshipping ini adalah sebuah model usaha di mana kita bisa jualan produk orang, tanpa terlebih dahulu membelinya. Kamu tinggal cari orang yang ingin beli produk tersebut.

Lalu darimana untungnya? Nah, Kamu bisa ambil dari selisih harga jual yang sebelumnya sudah kamu tentukan Sendiri. Biasanya, pemilik produk tidak membatasi selisih, namun ada juga lho yang turut campur soal margin yang bakal kamu dapat.

Enaknya lagi, Dropshipping ini bisa kamu lakukan dari mana saja. Dari rumah sambil mengurus tanaman, atau dari kantor di sela jam istirahat (asal gak ganggu lho), bisa. Bermodal smartphone atau gawai lain yang kamu punya, tidak lupa koneksi internet, sudah cukup buat kamu jadi seorang dropshipper.  Gimana, tertarik?!

Affiliate Marketing

Kalau kamu seorang blogger atau pengelola website, gak ada salahnya ikutan Program Afiliasi ini. Keuntungannya, Kamu bisa dapat komisi dari produk yang dipromosikan di blog/website kamu. Hanya saja syaratnya kunjungan harian blog kamu harus tinggi.

Cara kerjanya hampir mirip kok sama dropshipper. Kamu jadi penghubung antara pemilik barang dan penjual. Afiliasi ini kebanyakan bekerja online. Selain Website/blog, akun sosial media seperti instagram maupun facebook sangat membantu kelancaran promosi kamu.

Hobi yang bisa menghasilkan uang, handicraft

Siapa sih yang tak mau dibayar saat melakukan hobinya? Ide bisnis ini ternyata menjanjikan banget. Misalnya membuat boneka dari kain perca, kerajinan menyulam, kerajinan kayu, membuat furniture dari kayu pallet dan banyak lainnya. Bisnis ini juga bisa dilakukan dari rumah. Dulu hanya mengisi waktu luang dengan kreatifitas, kini jika ditekuni bisa menghasilkan pundi-pundi yang lumayan lho.

Apalagi sekarang banyak platform untuk memasarkan hasil kreasimu. Sebut saja instagram. Asalkan menggunakan tagar yang tepat, dijamin order datang berduyun-duyun. Atau buka lapak di situs yang khusus menjual item kerajinan, seperti Etsy.com atau untuk yang lokal ada qlapa.com

Multilevel Marketing, bukan Ponzi Scheme

Gak semua bisnis multi level marketing (MLM) itu negatif guys!. Asal mau bekerja keras, banyak produk MLM yang mendatangkan cuan besar bagi para pelakunya. Beberapa produk kecantikan seperti Jafra, Sophie Martin, Oriflame, dan lain-lain malah memiliki jaringan yang sangat kuat.

Berbagai tawaran menarik seperti gift, uang tunai, bahkan traveling ke luar negeri bisa kamu dapatkan dengan mengumpulkan poin tertentu. Selama si MLM tersebut gak menjalankan aksi tipu-tipu ala Ponzi Scheme, bisnis ini cukup aman dan patut dicoba. Intinya jangan percaya MLM yang jual angin surga menjanjikan keuntungan secara instan

Bisnis ini sangat cocok buat karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa yang punya banyak waktu luang. ‘Jaringan’ seperti tetangga rumah, rekan kerja di kantor maupun kawan kampus bisa tuh dijadikan target audience untuk produk-produk MLM tersebut. Selamat mencoba!

About news editoria

Foto wajah Jean Paul Sartre ini hanyalah samaran belaka.

Check Also

foto: pialang indonesia

ETF: Tekan Resiko Raup Gain

Dalam investasi ada ungkapan semakin besar imbal hasil (yield) maka akan mendatangkan risiko yang besar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *